Kunci Untuk Pemenuhan Kebutuhan Murid
Pembelajaran merupakan suatu bentuk kegiatan untuk memberikan penjelasan suatu materi supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Namun bagaimana jika kita haru memenuhi kebutuhan belajar murid yang beragam? Misalnya saja, didalam satu kelas ada terdapat 20 murid yang memiliki perbedaan kebutuhan belajar, apakah kita harus menggunakan 20 strategi pembelajaran? tentu saja tidak. Maka dari itu muncul sebuah solusi dari permasalahan tersebut, yaitu dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi.
Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan murid yang beragam itu, kita perlu melakukan pemetaan terhadap kebutuhan murid, sehingga akan didapat hasil berupa kebutuhan belajar murid yang dominan dengan audio, visual, atau audio visual. Dengan begitu kita dapat dengan mudah mengelompokkannya dalam proses pembelajaran didalam kelas.
Pembelajaran berdiferensiasi dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan belajar murid di kelas, karena adanya strategi pembelajaran berdiferensiasi yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Dengan mengelompokkan murid sesuai dengan kebutuhan belajarnya, maka kegiatan pembelajaran didalam kelas dapat mencapai tujuannya.
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan strategi pembelajaran yang memang berpusat pada murid (student centre). Pada materi ini sudah sangat berkaitan dengan materi yang ada pada modul program pendidikan guru penggerak, karena semua mengajak pada memahami murid dan bertujuan supaya pembelajaran dapat menyenangkan bagi murid, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Komentar
Posting Komentar